Rabu, 24 Juni 2009

Apa yang Bisa Saya Berikan ?

Judul yang menjadi tulisan ini adalah pertanyaan mendasar yang terkadang banyak orang yang tidak tahu bagaimana menjawabnya. Saya menganggap ketidaktahuan itu wajar jika seandainya orang tersebut tidak mengetahui potensi apa yang dimilikinya.
Namun apakah kita akan terperangkap dalam ketidaktahuan tentang potensi kita ? Apakah selamanya kita akan menjawab tidak tahu ?

Sungguh merupakan kesia-siaan apabila kita masih terjebak dalam ketidaktahuan untuk sekian lama. Karena perjalanan pengembaraan ini sangat panjang, tentunya harus ada suatu bekal yang dibawa untuk dapat dibanggakan dihadapan-Nya. Jikalau kita tidak mengetahui potensi kita, maka bekal apakah yang akan kita banggakan dihadapan-Nya ? Mana mungkin kita dapat melakukan suatu karya nyata jika kita tidak tahu potensi apakah yang dapat kita gunakan untuk membuat karya nyata tersebut ?
Bukankah Dia telah berfirman dalam kitab suci teragung :

Sungguh Dia telah menciptakan kehidupan dan kematian untuk menguji siapa diantara kalian yang paling baik karya nyatanya. Sungguh Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun (The Holly Quran, Surah 67 verse 2)

Karenanya, Saudaraku... marilah kita menggali semua potensi kita. Kenali apa yang menjadi kelebihan kita. Fokuskan pada peningkatan kemampuan kelebihan potensi kita. Lalu gunakan potensi itu untuk membuat karya terbaik dalam hidup kita dengan tetap meluruskan niat hanya kepada-Nya.

Percayalah ! Jika kita mampu menggunakan potensi kita dengan baik. Dengan tetap meluruskan niat hanya kepada-Nya, maka Dia akan memberikan sebuah balasan yang besarnya tidak pernah disangka-sangka. Dia pulalah yang akan memberikan keutamaan dan kedudukan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Serta Dia pulalah yang akan meneguhkan kedudukan kita. Tidak ada yang Dia berikan kecuali hanyalah kemuliaan.

Tidakkah kita ingin mendapatkan kemuliaan dari-Nya ? Maka lakukanlah dari sekarang. Temukan potensi tersebut, sehingga pertanyaan yang menjadi judul dari tulisan ini akan dengan mudah anda jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar